Obat Diare untuk Ibu Hamil Paling Aman dan Alami

Obat diare memang memiliki beragam merk di pasaran namun pilihan akan semakin terbatas pada kasus ibu yang sedang dalam masa kehamilan. Faktanya, diare kerap menyerang ibu selama trimester satu, dua bahkan ketiga kehamilan. Hal ini tidak bisa dilepaskan dari adanya perubahan hormon di dalam tubuh yang banyak mempengaruhi sistem pencernaan. Tidak hanya sekedar karena faktor perubahan hormon, diare juga kerap timbul akibat infeksi bakteri, infeksi virus, masuk angin, adanya parasit di dalam usus dan pola makan yang tidak sehat.

Saat hamil, hormon HCG ibu hamil akan mengalami peningkatan. Peningkatan inilah yang kemudian akan menyebabkan morning sickness termasuk diare. Keracunan makanan atau pemakaian obat tertentu yang sedang dikonsumsi juga bisa menjadi pemicu timbulnya diare. Bahkan konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung serat juga bisa menjadi penyebabnya. Sensitivitas makanan yang baru dikonsumsi saat masa kehamilan juga bisa memicu masalah pencernaan seperti diare.

Konsumsi beragam vitamin dari dokter juga bisa menjadi sebab terjadinya diare selama kehamilan. Meski bertujuan untuk menguatkan kondisi ibu terutama yang memiliki kandungan lemah namun konsumsi vitamin kehamilan biasanya juga akan menimbulkan efek sakit perut. Ibu hamil dengan intoleransi laktosa susu kehamilan juga seringkali terjadi. Ini tidak bisa dilepaskan dari fakta bahwa terkadang sistem pencernaan ibu tidak bisa menerima laktosa. Pada akhirnya, saluran pencernaan akan mengalami iritasi.

Obat diare alami selama masa kehamilan

Konsumsi air putih yang cukup

Saat terkena diare, ibu hamil akan sangat rentan terhadap dehidrasi. Hal ini dikarenakan banyak keluarnya cairan tubuh saat mengalami diare. Untuk itulah kecukupan cairan atau air putih sangat penting. Selain mencegah dehidrasi, minum air putih akan membantu membuang penyebab infeksi diare yang berada di sekitar usus dan saluran pencernaan.

Batasi konsumsi makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas hanya akan membuat diare menjadi semakin parah. Memang makanan pedas bisa menggugah selera makan namun justru akan bisa mendatangkan gangguan kesehatan lainnya seperti maag, gangguan lambung dan juga usus.

Hindari membeli obat diare tanpa resep dokter

Memang obat diare yang  beredar di pasaran sangatlah banyak. Namun demikian, ibu hamil dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya secara bebas tanpa resep dokter untuk menghindari gangguan kesehatan pada janin. Mengkonsumsi obat diare yang dijual bebas tanpa anjuran dokter bisa menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan termasuk keguguran atau bahkan cacat pada janin. Hal ini dimungkinkan karena zat kimia pada obat bisa terserap melalui plasenta.

Mengkonsumsi sup kaldu ayam

Protein yang ada di dalam sup kaldu ayam bisa membantu melawan serangan bakteri atau virus penyebab diare. Selain itu, sup ini juga bisa menggantikan cairan elektrolit yang telah keluar dari tubuh akibat diare.

Hentikan mengkonsumsi susu

Percaya atau tidak, konsumsi susu saat diare justru akan memperparah kondisi. Hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa kandungan zat asam alami di dalam susu semakin membuat sistem pencernaan menjadi sensitif.

Perbanyak konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat putih

Jenis-jenis makanan yang disarankan adalah apel, nasi putih, pisang dan roti. Kandungan akrbohidrat di dalamnya bisa mengurangi efek diare.

Hindari konsumsi jus buah

Jus buah baik itu buatan sendiri ataupun hasil pasteurisasi memiliki tingkat serat dan zat asam yang tinggi. Perpaduan senyawa ini bisa memperparah diare dan juga menyebabkan terjadinya iritasi pada usus.

Konsumsi sup kentang atau kentang rebus

Konsumsi kentang rebus atau sup kentang tanpa gula, garam dan perasa berlebihan akan menguatkan tubuh.

Konsumsi yogurt

Yogurt alami tanoa bahan pemanis, pengawet dan perasa buatan bisa membantu menghambat diare. Kandungan lactobacillus acidophilus dalam yogurt bisa membersihkan pencernaan dan melawan bakteri ataupun virus.

Konsumsi teh jahe

Gingerol dan senyawa lain dalam jahe sangat memabntu mengatasi diare. Cara pembuatan obat diare alami dari jahe juga sangat mudah karena kita tinggal air dengan jahe yang sudah dihaluskan atau dipotong kecil. Saring lalu minum hangat-hangat.

Madu dan air hangat

Ramuan madu dan air hangat bisa dibuat dengan mencampurkan 1 gelas air hangat dengan 2 sendok makan madu murni.

Sup wortel

Serat wortel ternyata mengandung anti diare alami. Selain itu nutrisi dalam wortel juga baik untuk ibu dan juga janin. Sup wortel untuk diare sebaiknya tidak menggunakan lada ataupun bumbu yang menyengat lainnya. Cukup tambahkan sedikit garam untuk menambah rasa.

Hindari makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng memperberat kinerja saluran pencernaan. Tidak hanya itu kandungan lemak di dalamnya akan mempersulit kerja usus

Hindari rempah-rempah

Kandungan rempah dalam makanan atau minuman herbal sebaiknya dijauhi untuk mencegah diate karena bisa memicu iritasi lambung dan perlukaan usus.

Menhindari konsumsi daging merah

Daging merah mengandung protein berlebih sehingga bisa mengganggu saluran pencernaan.

Jangan memakan makanan dengan pemanis buatan ataupun coklat

Makanan seperti coklat atau lainnya yang mengandung pemanis buatan sebaiknya tidak dikonsumsi saat mengalami diare pada masa kehamilan karena akan memicu resiko masalah kadar gula dan memperparah diare.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *