Pengobatan Dermatitis Atopik pada Bayi dan Anak

Obat dermatitis sangat diperlukan terutama jika dermatitis ini menyerang pada bayi dan anak. Dermatitis atopik sendiri adalah peradangan kulit berulang-ulang yang disertai dengan rasa gatal berupa bintil kemerahan dan gatal. Lama-kelamaan kulit akan menjadi kering, bersisik, menebal, terluka hingga menjadi hitam. Penyebab dari dermatitis sendiri belum diketahui karena bisa terjadi karena beberapa faktor antara lain adanya alergi makanan ataupun debu.

Gejala dermatitis

Adanya bercak kemerahan yang lama-lama membengkak dan menebal. Tidak hanya itu, benjolan dan bintil berisi cairan juga akan muncul. Saat gejala dermatitis muncul maka bayi biasanya si kecil akan rewel dan menggaruk-garuk kulitnya karena rasa gatal. Tidak jarang, gangguan ini akan disertai dengan demam.

Pengobatan dermatitis

Jangan memandikan bayi dengan air yang terlalu panas. Sebaiknya pilihlah air yang hangat atau suam-suam kuku dan tidak dalam waktu yang lama.

Gunakan sabun khusus bayi atau sabun hypoallergenic khusus seperti cetaphil restoraderm.

Gunakan pelembab setelah mandi yang disarankan oleh dokter dengan kandungan kortikosteroid.

Pencegahan dermatitis

Mandikan bayi dengan sabun khusus bayi yang emmiliki pH netral untuk menghindari pembersih antibacterial.

Aplikasikan baby cream atau pelembab pada kulit bayi untuk menjaga kelembabannya.

Cucilah baju baru untuk bayi dengan deterjen khusus bayi agar tidak mengganggu kondisi kulit bayi.

Pilihlah pakaian bayi yang tidak berbahan ketat ataupun tebal sehingga tidak mengalami iritasi seperti bahan sintetik ataupun wol.

Selalu jaga kebersihan pakaian dan juga popok bayi.

Bayi yang berada dalam masa pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan menu tunggal agar memudahkan untuk mengetahui jika ada alergi tertentu. Pemberian MPASI juga sebaiknya tidak diberikan terlalu dini melainkan dimulai saat bayi berusia 6 bulan.

Salep dermatitis atopik untuk bayi

Perhatikan kandungan salep untuk bayi karena kulit bayi sangatlah rentan terhadap bahan kimia. Sebagai salah satu penyakit yang umum diderita oleh bayi, dermatitis atopik merupakan penyakit kulit yang terjadi dalam jangka panjang. Selama menderita penyakit ini bayi biasanya akan mengalami pembengkakan kulit dan juga kecenderungan terpapar alergi. Faktor penyebabnya sangat dipengaruhi oleh dua hal yaitu faktor genetik dan juga faktor lingkungan.

Dermatitis atopik biasanya muncul di area kulit kepala, pipi,lengan, kaki, dada atau bagian lain dari tubuh bayi. Setelah melewati tahun pertama, biasanya gejalanya akan muncul di bagian dalam siku, pergelangan tangan, punggung lutut, pergelangan kaki dan tempat lainnya. Bayi lebih mudah rewel karena kulitnya terasa kering, gatal dan timbul ruam di berbagai area antara lain wajah, di dalam siku, belakang lutut, tangan dan juga kaki. Jangan biarkan si kecil menggaruk karena justru akan menimbulkan kemerahan, pembengkakan, keluarnya cairan bening, penebalan dan pengerasan kulit.

Obat dermatitis salep dan baby cream yang aman

Ceradan hydra

Aturan penggunaan baby cream ini sama halnya dengan lotion biasa. Cukup oleskan ceradan hydra ini sebanyak 2 kali dalam sehari terutama setelah mandi dan sebelum menggunakan salep.

Cetaphil restoraderm skin restoring body moisturizer

Meski sabun bayi biasa bisa dipakai asalkan yang mengandung hypo allergenic namun sabun yang satu ini bisa dijadikan alternatif tentunya setelah disarankan oleh dokter.

Digenta

Digenta digunakan setelah pemakaian ceradan. Penggunaannya sebanyak 2 kali dan hanya untuk diaplikasikan di daerah kulit yang mengalami kemerahan.

Dermovel

Dermovel dipakai pada hari ke 4. Aturan pemakaiannya adalah 2 kali dalam sehari dan digunakan setelah memakai ceradan sebagai obat dermatitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *